Piknik Blogger "Yoi" at Tamansari

Hallo gaes, akhirnya bisa posting di blog juga setelah beberapa hari disibukkan sama tugas uas. Kali ini gue mau posting soal kopdar komunitas blog hari minggu kemaren di salah satu objek wisata di kota Jogja. Iya, sesuai judulnya, lokasi kopdar berada di daerah Tamansari. Buat yang belom tau lokasi macam apa itu, googling gih.

Selamat Membaca.

Poster acara kopdar. Yoi abiz, gaes.

Hari minggu kemarin sesuai agenda yang udah ditentuin jauh-jauh hari sebelumnya, gue sama anak-anak komunitas blog Kancut Keblenger regional Jogja mengadakan sebuah kopdar di daerah Tamanasari. Salah satu objek wisata di kota Jogja yang keren banget. Soalnya, lokasi ini adalah salah satu bagian dari bangunan kraton yang dulunya jadi tempat tinggal raja-raja dan selir mereka. 

Kenapa kita memilih lokasi di sana? Gue nggak tau kenapa. Yang penting buat gue, kita bisa ngumpul bareng dan seru-seruan bareng aja. Lihat aja poster bikinan si Juni di bawah ini yang sukses beberapa blogger buat dateng gara-gara ketipu buat nonton salah satu guest star-nya, Erros SO7. Padahal itu nama samaran buat... si Anugrah.

Poster yang menipu banyak orang.
Jadwal kumpul ditentukan jam 9 pagi. Tapi setelah gue ngecek group Whatsapp, ternyata jam segitu lagi pada ngirim emoticon nguap ala orang bangun tidur. Yaudah, kayaknya ini bakalan ngaret kayak biasanya. So, gue yang jam 9 baru bangun juga langsung buru-buru mandi dan siap-siap buat berangkat ke sana.

Sekitar jam 10.30 gue udah sampai di lokasi dan ketemu sama anak-anak lain yang udah stand by di sana. Kita kumpul-kumpul bentar sambil nunggu anak-anak lain yang belum pada dateng. Sebelum akhirnya memutuskan buat lanjut masuk ke lokasi dan ngelanjutin acara kopdar di sana.

Kumpulan wong kurang turu.
Oh iya.. kopdar ini menjadi kopdar ke 5 yang pernah KK regional Jogja adakan. Dan yang bikin gue salut, selalu aja ada anggota regional lain yang nyempetin buat dateng ikutan kopdar. Jadi makin seru! Apalagi setelah ada beberapa surprise seperti ketika si Doni mendadak dateng ke Jogja kemaren minggu pagi cuman buat liburan sambil ikutan kopdar. Selain itu juga ada artis fenomenal dunia maya yang berasal bagian negara Magelang yang juga pengen ikutan, si Agus Mulyadi. 

Buat yang belum tau siapa Doni, cari aja di twitter yang namanya "Beruang Kutub Albino". Dia salah satu anggota senior di regional dan komunitas KK kok. Kalo soal si Agus Mulyadi, pasti udah pada tau kan? Itu lho yang pernah masuk beberapa portal berita setelah dia sempet sukses jadi tukang jagal foto wota bareng member jeketi. Dia dateng bareng beberapa temen lainnya dari Magelang yang gue sendiri nggak begitu kenal sama mereka. Cuman sempet kenalan bentar doang soalnya.

Selain orang-orang satu komunitas tapi beda regional, ada juga temen dari komunitas blog Jamban Blogger yang kemaren juga kita ajakin buat ikutan kopdar. Biarpun yang dateng cuman beberapa anak aja, tapi kami cukup respect atas partisipasi mereka. Karena gimana pun, profesi kita emang sama-sama blogger dan tinggal di kota yang juga sama. Waktu itu juga, gue baru tau kalo ternyata dari anak-anak JB (Jamban Blogger) yang dateng ke acara kopdar, justru satu kabupaten sama gue. Dan yang lebih parah... gue nggak kenal satu pun dari mereka. Hvft.

Lanjut ke acara pertama. Sama seperti biasanya, kita pada kenalan dulu. Ngasih tau siapa namanya, rumahnya mana, sekolah/kuliah di mana, pacarnya siapausername twitter-nya apa, link blog-nya apa, dsb. Kemudian dilanjutkan dengan ngobrol macem-macem. Dari mulai ngobrolin soal project regional kita, sampai dengan beberapa guyonan internal di antara kami semua. Iya, guyonan yang cuman beberapa kelompok anak aja yang tau dan bikin kita ketawa-ketawa sendiri nggak jelas. Absurd banget.

Pengalaman si Doni.
Ora ireng, ora ganteng. -Agus Mulyadi.
Rizki lagi bisnis blue film sama Agus. Cukstaw lah, ya.
Wedar, Ida, Habibi, Nisa, Shabrina.
Suasana di sebuah lorong dalam bangunan Tamansari.
Beberapa member dari Jamban Blogger yang ikutan.
Ini baru beberapa, belum full-team lho, ya.
Cool abis.... kolamnya.
Merasa udah cukup lama ngumpul dan saling kenalan satu sama lain, kita lanjutin acara kopdarnya dengan masuk ke lokasi utama di dalam bangunan ini dimana terdapat sebuah kolam renang pemandian raja-raja (dulunya) dan sebuah lapangan kecil buat nongkrong. Buat yang pernah nonton acara "Jalan-jalan Man" pasti taulah lokasinya gimana. Lokasi di mana Jebraw mulai menemukan titik terang bakalan ketemu Dinosaurus dengan adanya patung kepala naga yang dikira kepala monster Loch Ness gitu. 

Setelah melewati kolam renang, dan sampai di lapangan tengah, kita lanjut ngumpul-ngumpul lagi, ngobrol bareng, jajan, main gitar dan nyanyi bareng. Di sana juga kita kedatengan beberapa blogger lain yang ternyata dari tadi tersesat. Bahkan ada salah seorang blogger yang ngaku antusias banget gara-gara ngira kalo mas Eross SO7 beneran dateng di acara kopdar ini. Memprihatinkan juga ternyata efek poster bikinan si Juni.

Selain itu, kita juga bikin game seru-seruan. Sampai-sampai ada wisatawan asal Jepang yang ikutan nimbrung nggak jelas dan nanya-nanya soal game yang kita bikin itu apa. Gue sebagai cowok sejati, dengan pede nyoba ngejelasin sama dia gimana cara main game tadi. Tapi semua sia-sia. Ternyata dia nggak paham apa bahasa inggris. Akhirnya tuh orang Jepang milih buat manggil tour guide buat nge-translate apa yang kita omongin ke dalam bahasa jepang. Dasar ras penjajah nggak gaul. 

Setelah selesai ngegame, lanjut lagi ngobrol-ngobrolnya. Suasana makin cair dan kita makin akrab satu sama lain. Bahkan gue sama beberapa anak lain sampai akrab banget.... sama tukang bakpao deket kita kumpul. Sampai suatu ketika, ada moment di mana seorang bule cewek cantik yang dateng beli bakpao gitu dan kita sempet ngedumel sama dia yang keliatannya kaget sama bakpao yang dipatok harga 5000 ribu rupiah sama bapak penjualnya. Dan nggak lama kemudian, sembari gue sama anak-anak lagi ngedumel ngomongin tuh bule sama bapak penjual bakpaonya, eh, tuh bule balik lagi protes minta duitnya balik sama tukang bakpao deket tempat kita duduk gara-gara kecewa sama isi bakpaonya. Mintanya ayam, dikasihnya spinach (bayam). Dan yang paling parah, setelah insting detektif kami muncul buat menyelidiki apa sebenarnya isi dari bakpao tersebut secara diam-diam, ternyata isinya justru daun bawang. Kampret.

Hampir 2 jam ngumpul, akhirnya satu persatu dari kami mulai tereliminasi oleh kesibukan lain. Iya, banyak dari kami yang mau UAS. Termasuk gue sendiri.

Ngerasa suasana mulai redup dan capek, kami memutuskan buat makan bareng. Tapi sebelom kita berpencar buat pulang dan makan, kita foto-foto dulu. Kebetulan ketemu sama rombongan wisatawan Jepang tadi. Dan kita minta difotoin sama mereka. Nggak taunya, malah mereka minta foto bareng lagi sama kita. Tapi sayang, tuh orang jepang saking sipitnya punya mata, sampai nggak bisa ngelihat fokus kameranya deh kayanya. Hasil fotonya blur semua....

Full team barengan orang Jepang biarpun hasilnya blur.
Gimana? Blur kan? Lumayan lah, gara-gara itu juga gue jadi keliatan menyantu sama muka-muka orang Jepang. Tau sendirilah gue lahirnya di Tokyo dan nyokap gue  ngidam sushi gurita. 

Habis foto-foto bareng, si Anug sama gue perform kecil-kecilan buat nyanyi sebuah lagu asal band Jepang ONE OK ROCK yang judulnya C.h.a.o.s.m.y.t.h buat menghibur wisatawan-wisatawan Jepang tadi. Herannya, mereka nggak tau soal band yang kita cover waktu itu.

Posenya nggak nguatin...
Tapi nggak masalah, seenggaknya kita udah berusaha ngasih kenang-kenangan sama mereka buat oleh-oleh pulang ke Jepang dengan merekam kita pas perform yang endingnya ramai dengan tepuk tangan mereka. 

Sampai suatu ketika, mereka pamitan buat pulang dan mengatakan sesuatu pada kami berdua. Dengan bahasa Indonesia yang kaku dan terbata-bata, mereka bilang: "Belajar... lagi.. ya... bahasa... jepang... nya...".

*kemudian hening*


Antara bangga dan hina perasaan gue saat itu. Susah payah nyanyi, ternyata mereka kurang jelas sama pelafalan lirik jepang dalam lagu yang kita cover.

Tapi nggak masalah, namanya juga baru belajar. Kalo udah bagus mah pasti udah lolos audisi Indonesian Idol. Namanya juga nyanyi spontan dan seru-seruan. Muehehehe.

Setelah itu, beberapa dari kami memilih buat pulang ke rumah. Ngerjain PR, belajar buat persiapan uas, dan berbagai alasan klasik lainnya. Tapi gue sama beberapa anak lainnya masih lanjut buat makan.

Itu siapa yang naroh gitar di situ coba...
Makasih mz Rizki, aku keliatan keren di foto ini.
Hahahaha... Nggak kerasa ya udah banyak banget yang gue tulis dalam postingan ini? Gue rasa ini postingan kopdar gue yang paling lengkap dan mendetail secara keseluruhan. Yaa, semoga aja kalian terhibur sama cerita gue dan juga bikin kalian pengen main ke Jogja. Percayalah, sebutan Jogja daerah Istimewa itu bukan tanpa alasan. 

Oh iya, ini oleh-oleh dari tempat makan kita waktu kopdar. Selamat menikmati~
Bintang iklan shampo SunSek.
Yaudah, segitu aja deh ceritanya. Semoga kopdar selanjutnya makin rame. Amiin!

50 KOMENTAR

Yeeay Jogja daerah istimewa bukan tanpa alasan👏

Reply

Uwooo seru banget kopdarnya. Jadi pengen ikutan kopdar bareng wong jogja :D
Btw, gue juga sempet ketipu loh sama posternya:|

Reply

Agus Mulyadi cen koplak wonge :))

Reply

Pokoke Jomblo Rapopo sing penting Apal Pancasila.... :))) Kapan-kapan nek Kopdar aku oleh melu meneh tho?

Reply

Ikutan aja biar makin rame. Wahaha emang penuh tipuan. (--,)/

Reply

Kudu dilestarikan pokoke :))

Reply

Wahaha iyo bosku. Tenang wae, suk meneh ning sek luwih suwe le dolan, ben marem gus. :D

Reply

Eaaa seru eaaaaa :( huahahahhahaha

Reply

Seru bangeeet, nyesel pokoknya nggak ikutan~ :p

Reply

Bawa aku ke jogja, kak.......................... :((
Dari dulu selalu kepengen tiap liat laporan kopdar kawancut jogja. haft. Semoga kapan-kapan bisa ke sana.

Reply

yaampun aku tidak ikut, sebagai anak jogja aku merasa gagal. huahaha

Reply

Eh ono aku.. ono aku.. haha

Reply

Semoga aja ya, kapan-kapan bisa dateng ikutan kopdar kumpul-kumpul di sini. :))

Reply

Gue aja barusan tau kalo domisili lo sekarang di Jogja. :v

Reply

mungkin orang jepangnya itu wota ekebi, jadinya lagu rock jepang dia malah gak tau hahaha
btw asik juga ya kopdarnya anak jogja, rame banget

Reply

Emang wota. Orang pas nyanyi aja dia request lagunya jeketi. Haha :))

Reply

Asik euy kopdarnya...

Kalo di Jakarta, Tamansari itu kecamatan di rumah gue hahaha.

Reply

keren euy kopdar nya jalan-jalan gini... bisa dijadiin inspirasi juga nih buat komunitas blogger regional lain buat nambah-nambah keseruan selain share tentang teori blog doang.... :D

Reply

Keep seru and stay gokil mas-mas and mbak-mbak broo!! :D

Reply

Wah, kemarin lagi ada dies natalis fakultas jadi ngga bisa ikutan heboh hahaha btw... kok banyak cowonya ya ternyata. Hmm.

Reply

Kirain Tamansari yang ada di Jakarta :D

Ternyata jauh di Yogya, btw keliatannya seru banget tuh.
Harmonis :D

Reply

Asik banget!

Iya po? Gue malah baru tau. Hehe

Reply

Betul. Biar makin rame dan nggak ngebosenin. :))

Reply

Wah, pantesan nggak dateng. Hehe

Reply

Bukan...

Iya, namanya juga keluarga bahagia wkwk.

Reply

yah kebacut moco, yah sedih ra melu, yah yah yaaaaah T_T

Reply

bang pengen ke jogja nih gue, kalo nginep dimana tuh?

Reply

Salahe wingi ora melu. :p

Reply

Hubungin si bos tuh di cp poster. :))

Reply

Udah kopdar ke-5, ya? Aktif bgttt.

Seru bgt itu kopdarnya, bergabung dgn blogger lain ditambah wisatawan dari Jepang. Ih, pengen!

Reply

Sini dong ke Jogja makanya. :))

Reply

Aa coba di tempat gue ada kopdar kek gini. Gue langsung ikutaan

Reply

Kampret gue juga ketipu itu sama posternya. Pas baca ke bawahnya. Taik :p

Seru pasti lah itu kopdarnya. Jadi pengin ke Jogja. Tapi, Jogja aja deh yang ke sini hahaha

Salam,
ThrwBlog http://thrw.blogspot.com

Reply

Ajak bloger-bloger daerah lo dong makanya. :))

Reply

Hahaha penuh tipuan emang...
Enakan juga di Jogja~

Reply

udah lama didaerah gue gak ada kopdar2an lagi .. u,u

Reply

Rizki lagi bisnis blue film sama Agus. Cukstaw lah, ya. -___-

Reply

Diadain dong, berawal dari inisiatif lama-lama pasti ngumpul juga. :)

Reply

gue aja nggak tahu siapa aja yang punya blog.

Reply

jadi pengen ikutan kopdar juga sama komunitas blogger!! seru dan mupeng banget ak liat foto-fotonya seru bgt kyknya!!

Reply

Wihi ternyata ada juga ya bloger yagn adri Magelang. Kalo mudik ajak ngumpul aah. \:D/

Reply

wah mantap sudah bisa ajak kumpul2 sama temen2 lainnya..
lanjutkan!

Reply

walahhh piknik nggak ngajak ngajak nihhhhhh

Reply

Ihh enak banget ada orang Jepangnyaaaa.. mau ketemu juga :(

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.