Golongan Orang Kaya

Hidup memang tak semudah, waktu kita muda dulu. 
Umur terindah pasti kan berlalu. 
Strategi hidup bertahan, dari seleksi sang alaaaam~
(Sheila on 7 - Jalan Terus)

Semakin kita dewasa, hidup nggak semudah waktu kita muda dulu. Yang tiap minggu bisa bangun pagi cuman buat nonton kartun mingguan. Yang tiap laper terus buka meja makan udah siap banyak menu makanan. Semua, lambat laun akan segera berubah. Kebutuhan kita akan semakin bertambah. Pikiran kita akan semakin bercabang dan lebih peka sama keadaan. Hal-hal yang dulunya kita anggap cuek, sekarang juga jadi kelihatan serius. Yah. Semua akan berubah saat kita semakin dewasa.

Semakin ke sini juga gue semakin ngerasa banyak banget hal yang gue butuhin. Dari mulai kebutuhan primer sampai kebutuhan sekunder, bahkan tersier. Gue mulai butuh pen-tablet, gue butuh kamera, gue butuh handphone baru, dan gue juga butuh.... pacar.  

Tapi lupakan dulu lah soal hal-hal semacam itu. Dalam postingan kali ini, gue pengen ngebahas sisi balik dari semua yang ada di atas tadi. Yaitu soal "materi dalam kehidupan". Sesuatu yang bakalan bikin kalian nggak pernah miskin lagi hidup di dunia ini. 

Setelah gue ngambil beberapa hipotesis dari kegiatan gue sehari-hari, dari dulu sampai sekarang. Akhirnya gue menemukan 3 hal yang nggak bakalan bikin kita misikin. Mau tau apa aja? Check this out:

1. Berbakat
Orang yang dianugerahi Tuhan dengan sebuah bakat, gue yakin banget dia nggak akan jadi orang yang miskin. Orang yang sadar diri akan bakatnya, dan berkumpul di lingkungan yang tepat dengan kreatifitasnya masing-masing, pasti akan segera tumbuh jadi seorang yang kaya. Ilmu dan materinya pasti akan bertambah.

2. Pantang Menyerah
Gais, mungkin emang nggak ada orang  di dunia ini yang sengotot Naruto buat ngajak Sasuke balik ke konoha. Tapi orang dengan kasus lebih rasional, seperti berusaha buat mengejar cita-citanya dan berbisnis tanpa kenal putus asa saat bangkrut itu ADA. Golongan orang macam inilah yang kelak akan terhindar juga dari kemiskinan.

3. Bersedekah
Udah bukan rahasia lagi kalo salah satu kunci sukses duniawi seseorang secara material adalah lewat sedekah. Entah apa kepercayaan kalian, golongan kalian, ras kalian, semua sama. Berbagi dengan ikhlas tidak akan merugikan kalian. Justru sebaliknya: kalian akan semakin kaya. Kalo udah sedekah tapi nggak merasa kaya? Tanpa pada diri sendiri. Ikhlas apa belom sedekahnya?

Nah, itulah kesimpulan yang sejauh ini bisa gue pelajarin. Banyak hal di dunia ini yang belom kita sempat ketahui dan mau pelajari. Setidaknya, berusahalah buat mencari potensi dari diri kalian sendiri. Seberapa  jauh dan positifnya hal itu bagi kehidupan kalian.

Ketiga hal di atas adalah 3 fakta yang udah gue alamin sendiri dalam lingkungan selama gue hidup. Dan gue nggak akan ragu dengan kebenaran-kebenaran di atas. 3 hal di atas udah mewakili cukup banyak aspek yang bertebaran luas di luar sana. Semoga bermanfaat. Dan semoga juga, kalian menjadi salah satu di antara 3 hal tersebut. :)

Btw, kalo ada tambahan yang sekiranya nggak bisa dicakup dalam 3 hal di atas, bisa kasih tau gue lewat comment box, ya! 

53 KOMENTAR

Intinya kaya buat amal ya bang..

Reply

Bukan. Intinya seperti apa kamu dan bagaima kamu seharusnya.

Reply

bersyukur masdab, hastagh #SyariahTenan

Reply

Kalo aku..mungkin bersyukur tetapi tetap berjuang. Bersyukur maksudnya selalu menerima setiap apa yang Tuhan kasih buat kita, jadi ngga melulu ngelihat ke atas. Kalo tetap berjuang, maksudnya jangan pasrah-pasrah banget, tapi tetep berjuang biar semua hal yang Tuhan kasih ke kita itu memang beneran yang terbaik sesuai perjuangan optimal kita :))

Reply

bakat, pantang menyerah dan sedekah. Noted.
semoga bisa gue diamalkan.

Reply

Itu termasuk berjuang tanpa putus asa. :))

Reply

Yes. Let's make some movement.

Reply

sedekah gak akan membuat kita miskin :D

Reply

pagi-pagi baca postingan ini jadi semangat lagi dah , nice post mas shakti

Reply

lah ternyata lo itu masih jomblo nro? mau gue cariin pacar? wkwk. pacar itu ga usah dimasukkan dalam kebutuhan mas, ntar juga dateng-dateng sendiri.

3 hal diatas emang wajib kita semua lakuin kalo kita ingin terus mendapat rizki dan tidak jatuh miskin. kalo boleh gue nambahin, sering-sering menyisihkan rejeki buat orang tua. meskipun kita udah kaya, tapi kalo gapernah menyisihkan rejeki buat orang tua, otomatis orang tua pasti jengkel dan mendoakan yang enggak-enggak. langsung deh kita jatuh miskin.

Reply

Tidak, tidak. Aku tidak mau dewasa..... *oposeh*

Reply

4.Nasib / luck
ini faktor yang sangat significant. kemaren gw dari dokter dan mendapati temen SMP gw yang dlnya juara kelas ternyata sekarang kerjanya jaga parkiran. dulu di sekolah dia pinter banget dan kayaknya masa depannya bakal cerah tapi gw malah menemukan hal jauh dari dugaan gw.

Reply

Semua orang berniat jadi kaya.. tapi kalo mereka tidak menuruti ke 3 point di atas mungkin menjadi kaya itu sangat susah.
Dan ada tambahan satu point lagi. Bersungguh-sungguh
Kalo gk bersungguh-sungguh orang-orang juga gak bakal bisa mencapai apa yang dia ingin kan. Sekitu aja sih :D

Reply

Yang paling bisa dilakukan manusia normal kayak gue adalah yang pantang menyerah. Itu aja. :))

Reply

Yang penting itu niat, usaha dan berdoa. Bukan begitu kak? :))

Reply

Point yang lo sebutin itu udah termasuk ke dalam sedekah. Sedekah bisa juga kepada keluarga. :))

Reply

Kalo gue lebih prefer yang kedua & ketiga.

Reply

super sekali kaka... setuju gue sama postingannya :))

Reply

semangat aja lah, duit emg segalanya hehe

Reply

Itulah kenapa gue nggak masukin golongan orang yang pintar secara teoritis ke dalam kategori di atas. :)

Reply

Bersunguh-sungguh itu udah termasuk berjuang tanpa kenal lelah dan putus asa kayak yang udah gue tulis di atas. :)

Reply

Just do it. Lakukan apa yang kau bisa selagi ada waktu. :)

Reply

You wish, you work, and you'll get it. True. :))

Reply

Yaa nggak gitu juga. Cuman emang salah satu kebutuhan pokok. :)

Reply

3 hal yang wow, 1. berbakat, meski kadang orang tidak menyadari kalau dirinya berbakat 2. tidak putus asa, meski kadang keputusasaan diperlukan 3. bersedekah, meski kadang sedekah menjadi kedok.

Reply

Loh? Bukanya sama aja? Kan kata-katanya yang beda :))

Reply

Yg pertama kayaknya ga terlalu ngaruh kalau ga pake no. 2.

Reply

Beda. Sedekah itu nggak harus dari orang kaya kok. Tapi kalo pun udah kaya, terus kekayaannya dipake buat beramal juga bagus. :))

Reply

Iya, namanya juga hidup. Pasti ada sisi negatif sama positifnya. :)

Reply

namanya juga penggolongan. Saling berkaitan tapi beda dominasinya aja kok.

Reply

Nah itu maksud gue, haha

Reply

wah setuju banget
tapi kadang susah menemukan bakat yang ada pada diri sendiri

Reply

Akhirnya kita semaksud~

Reply

Hahaha makanya jangan terlalu menutup diri buat explore kemampuan yang bisa lo pelajarin. Siapa tau itu bakatnya.

Reply

whaa ya the power of bersedekah emang bener bener mewah . setuju :)

Reply

Gue paling setuju sama nomor 2 dan 3 Shak. Berbakat sih boleh aja, tapi kalau si doi malas dan nggak pernah bersedekah? Kayaknya bakalan susah deh buat survive di dunia yang makin kejam ini. IMHO sih. Hehehe. Ngeblog juga gitu kan? Kalau nggak giat, doa, sedekah, mana dapet visitor? Mana dapet komentator? Hehe.

Reply

Ada yang kaya tapi tidak tenang, itu karena sedekah kurang.

Reply

Yap! Begitulah. Udah bukan sesuatu yang harus kita pungkiri.

Reply

Iya dong, itu cuman penggolongan ke dalam hal yang lebih sempit aja kok. Overall, tetep butuh integrasi di antara ketiganya. Hehe

Reply

Semoga gue bisa terus ngejalin dari tiga-tiganya :') karena manusia kayak saya iki banyak luput e.

Reply

Semoga aja gue bisa nglaksanain itu semua, lo bukan anaknya mario teguh kan?

Reply

Namanya juga manusia. Hehe
Yang penting jangan bosan untuk berusaha. :))

Reply

Bersyukur, termasuk juga ga?
karena dengan bersyukur maka Allah akan tambahkan lagi kenikmatan yang kita rasakan, salah satunya kenikmatan materi. bener ga bro?

Reply

It's really a great and useful piece of information. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
Please stay us informed like this. Thanks for sharing. :)

http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.