Bima Satria Garuda: Obat Kangen sama Kamen Rider!


Kalem mas Bima, kaleem...
Buat mengawali postingan di bulan suci penuh berkah yang penuh dengan waktu nganggur semacam ini, kayaknya enak buat ngomongin yang ringan-ringan aja. Yahh, seringan keripik kentang pedas dan segelas jus jeruk ditambah irisan strawberry di pinggirannya buat menemani siang kalian baca tulisan gue kali ini. Oke, itu cuman lawakan basi..

Yaudah, langsung aja ke topik postingan kali ini. Beberapa waktu lalu gue habis baca sebuah thread di kaskus soal "Kamen Rider Dari Masa Ke Masa", gue jadi inget betapa serunya jaman gue masih SD ketika masih sering banget nonton film superhero Kamen Rider the Series. Sampek-sampek gue bela-belain beli topeng tuh karakternya di pasar malem tempat gue. Buat kalian yang pengen tau gimana threadnya, bisa baca DI SINI.

Nah dari situ juga, gue nemu artikel di website tongkrongan gue tiap malem. Yak! www.nyunyu.com emang jadi tempat gue baca-baca artikel sebelum sibuk onlen di twitter dan facebook. Dari situ juga gue nemu artikel soal wawancara redaksi Nyunyu sama salah seorang sutradara dari acara tokusatsu di Indonesia ini. Apalagi kalo bukan Bima Satria Garuda (BSG). Berikut wawancaranya, cekidot!


Setelah sekian lama acara televisi untuk anak-anak mengalami masa kekeringan, MNC dan Ishimori Production bekerja sama mengembangkan acara baru yang berjudul Bima Satria Garuda (BSG). Dan Minggu 30 Juni 2013 kemarin, Nyunyu Team berkesempatan untuk nonton bareng episode perdana dan mendapatkan kehormatan untuk bisa melihat langsung proses shooting mereka yang saat itu berlokasi di Bengkel Suzuki Saharjo, Tebet, Jakarta.
BSG sendiri adalah serial televisi bergenre tokusatsu, dan merupakan salah satu produksi pertama genre tersebut di Indonesia. Bagi kamu yang belum tau, tokusatsu adalah genre sinema yang banyak memiliki efek visual di dalamnya. Kalo kamu sewaktu kecil pernah nonton Ksatria Baja Hitam/Kamen Rider, Power Ranger/Super Sentai, nah itu jenis genre tokusatsu. Kami sangat excited dan merasa nostalgia. Acara ini bisa banget memberikan angin segar ketika program-program televisi yang lain mengalami kejenuhan. Langsung aja yuk, ngobrol-ngobrol gemes, eksklusif , dan singkat dengan Raesaka, salah satu sutradara muda di balik Bima Satria Garuda.


BSG adalah salah satu tokusatsu pertama di Indonesia, apa yang membuatnya berbeda dan istimewa dibandingkan acara lainnya?
Kita kerjasama langsung sama Jepang (Ishimori Production, pencipta serial Kamen Rider, Super Sentai, dan Metal Heroes) dari segi kreatif dan produksi, dan tentu saja kita berharap jadi tontonan anak-anak paling bagus di Indonesia.

Sejauh mana keterlibatan Ishimori Production di BSG ini?
Ishimori Production dan Reino Barack bekerjasama secara kreatif dalam mengembangkan karakter, inisial karakter dari Reino Barack, dan kemudian dikembangkan oleh Ishimori Pro. Lalu Ishimori Pro memberikan storyline dasar, dan dikembangkan oleh tim penulis kami.

Dengan begitu, tantangan apa aja yang dihadapi?
Lebih ke penyamaan visi misi dengan pihak Jepang, misalnya dengan Teruyoshi Ishii (sutradara Jepang) mengenai Bima mau ke arah mana. Tapi makin ke sini, hal itu dapat teratasi.

Harapan terhadap serial BSG ini gimana?
Harapannya adalah, serial ini jadi salah satu serial anak-anak yang... dulu, tahun 90-an kita mengenal kamen rider dan membangun jiwa jagoan anak-anak kecil (secara positif), dan setidaknya BSG bisa seperti itu lagi.

Nah, menyinggung era 90-an, gimana caranya memperkenalkan kembali serial yang populer pada saat itu ke penonton tahun 2013 ini?
Mungkin agak sulit, dan mungkin anak zaman sekarang gak begitu kenal dengan tokoh-tokoh seperti kamen rider, jadi (kami buat) ini sebagai hal yang baru, dan anak kecil akan penasaran olehnya.

Demografi penontonnya sendiri, apakah menargetkan fan tokusatsu yang dulu, atau mengkhususkan ke penonton-penonton baru?
Demografi usia penontonnya adalah sekitar usia 7-12 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa fans-fans lama dapat bernostalgia di serial ini.

Selain cerita dan pengembangan karakter, apa yang dapat penonton BSG tunggu-tunggu di episode-episode mendatang?
Fighting! makin ke sini mudah-mudahan akan semakin banyak porsinya.

Nah itu tadi wawancara eksklusif bareng abang Raesaka. Gimana? Seru kan obrolannya? Indonesia emang perlu superhero baru menn, bukan film kisanak dan naga terbang yang editannya maksa banget. Buat kalian yang masih belum tau APA ITU KAMEN RIDER (capslock jebool!!!), nih gue kasih penampakannya dari masa ke masa. Dari jaman anak 90an lagi belajar kencing sendiri sampek cebok sendiri... Taraaaa....!!!

Masih inget siapa aja namanya? Gue, enggak.
Okelah, cukup sekian dulu postingannya. Gue mau lanjut wifian gratis sambil nunggu buka puasa. Akhir kalimat; Selamat Menjalankan Ibadah Puasa! :))

20 KOMENTAR

Hahahaha gue bangga, indonesia akhirnya punya film kayak gini. Dan pagi ini ditayangin :D

Reply

Ini film yang paling gue tunggu kalo hari minggu

Reply

ini film gue belom lahir :D

Reply

Bagus sih buat anak anak sekarang, biar mereka jadi anak-anak bener

Reply

pagi ini? bukanya tayang tiap minggu pagi aja ya?

Reply

iya gue juga kadang ngarasa kasian sm anak2 yg gak tau fil tokustsu macam ginian.. -__-

Reply

sebenarnya udah lama tahu sih..
akhirnya ada karya anak bangsa juga yang membuat seri tokusatsu.

Reply

ini baru perlu didukung..
generasi Indonesia yang kreatif :))

Reply

maksud gue tayangan ulangnya haha, ada jam siang ternyata -_-

Reply

Gue termasuk pecinta kamen rider, tapi gue lebih suka kamen rider era showa.. BSG juga keren menurut gue, efek CGI-nya lebih dapet nggak kaya sinetron naga terbang di Indosiar..

Reply

Alangkah baiknya jika musuh film Bima itu bermacam-macam dan bukan satu macam. Dan alangkah baiknya di dalam film bima tersebut terdapat kata-kata bijak seperti halnya film kamen rider jepang 8-)

Reply

ya mungkin lagi proses bikin kostumnya hehehe :p

Reply

iya, ya hampir 11-12 lah sama yang di jepang. cuman setting lokasinya aja yang beda. jadi kerasa ada yg aneh..

Reply

iya sama. di jogja juga ada sebenernya yg bikin costplay gituan, kalo gak salah namanya jitoku. tapi gue juga belom tau detailnya.

Reply

filmnya cukup bagus kalo seandainya gue nontonnya ketika masih kecil. Sayang banget keluarnya pas gue udah remaja, gimanapun realitas gue lebih dominan diibandingkan ketika anak-anak. Finally, ga terlalu suka untuk ditonton tapi gue bangga bikin keponakkan gue betah di depan tipi

Reply

emang jaman elu kecil gak pernah ntn serial tv kamen rider ya? kalo gue sih emang udah dari kecil "dikasih makan" film kayak ginian hehe

Reply

Yang gue tau mah ada fast upload episode-nya di youtube hehe

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.