Beatbox of Jogjakarta (BEJO)



Siapa yang masih nggak tau soal seni suara Beatbox? Kalo belum tau mungkin bisa baca dulu diskripsi dibawah ini:
Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop. Meski demikian pada prakteknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya. (Wikipedia)
Beatbox sendiri udah bukan hal baru lagi di Indonesia saat ini. Seni pertunjukan olah suara semacam ini dulu udah cukup lama muncul, dan sempat tenggelam oleh industri musik modern berinstrument lainnya. Tapi beda dengan sekarang, udah jaman socmed, kayaknya hampir semua komunitas yang ada pasti punya twitter yang bikin tiap orang yang pengen lebih tau soal segala komunitas yang ada lewat stalking tweet mereka. Termasuk salah satunya ya Komunitas Beatbox ini.


Sebut aja BEJO alias Beatboxing of Jogjakarta yang merupakan komunitas para Beatboxer regional kota Yogyakarta. Berdiri sejak tanggal 1 September 2009, komunitas ini diprakarsai oleh Gigih (@gigihjihad), Simplethingsay (@simplethingsay), dan Erwind (@erwindrayana) dengan basecamp yang berpusat di Taman Budaya Yogyakarta.

Mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas ini cukup banyak. Tapi menurut informasi yang gue dapet, hanya ada sekitar 30 personil yang masih aktif, termasuk salah satu temen gue, si Jandon (@banyujandon) selaku orang yang memperkenalkan sama gue lebih lanjut soal beatbox ini di kampus.


Menurut gue pribadi, komunitas Beatbox cukup menarik. Bahkan setelah sedikit gue pelajarin, ternyata gak segampang kelihatannya, tapi juga gak susah-susah amat. Pokoknya menarik deh! Nahh, gue juga punya beberapa foto nih soal komunitas Beatboxer asli Jogja ini pas lagi tampil manggung, bahkan beberapa saat yang lalu pernah masuk acara show di Trans 7 lho hehehe. Kereen kan? Nih kumpulan foto yang gue dapet dari temen gue selaku salah satu personilnya. Cekidoot!

Semacam Padua Suara Beatboxer
Itu Yang Kanan (gendut), Temen Gue Hehehe
Are you READY??
Nampang Meneh, Dab..
Semacam Menghayati...
Gimana? Lumayan kaan penampilan mereka-mereka tadi? Jadi, musik itu nggak cuman sebatas permainan instrument aja, modal mulut sama mic aja bisa bikin musik yang asik gitu hehehe.

Selain itu, komunitas Beatbox Jogja ini juga punya akun twitter, cek aja Beatboxing of Jogjakarta (@beatboxjogja), jangan lupa follow juga ya? hehehe. Tenaaaaang, adminnya ramah kok, asik juga. Pokoknya khas Jogja bangeet! Jadi, tunggu apalagi? buat kalian yang tertarik sama Beatboxing, bisa kalian cari tutorialnya juga di Youtube. Ada banyaaak bangeet! Dari mulai dasar, sampai tingkat Pro ada semua. Don't miss it guys! ;)

Credit to: @beatboxjogja

18 KOMENTAR

Situ anak beatbox? Wehehehe keren euy

Reply

sik.. sik... koyone aku tau ngerti sin gendut kancamu kui kang. podo karo sing ning foto iki udu http://on.fb.me/17ihOtS hehe :p

Reply

bukan. cuman temenya anak beatbox hehe :)

Reply

sangar dab jogja. kota keren! haha..

Reply

jelaaas! kayaknya tempatmu ada komunitasnya juga kok hehe

Reply

iyo, kui sek jenenge Jandon hahaha

Reply

tagline e keren "we cant playing an instrument because we are the instrument" haha
ono videone ra pung?

Reply

pasti keren bisa ngeluarin suara-suara tertentu dari mulut :D
tapi gue gak bisa, terlihat gampang tapi rumit hehe

Reply

Iyo cenan. Tagline e menarik hehe
Ono, tapi ra sempet tak embed nang post. Golek wae nang youtube.

Reply

Gue juga blm bisa sekeren mereka hehe. Emang susah susah gampang :D

Reply

kalo ane temennya temen blogger yang punya temen beatbox... hahah

Reply

berati kalo ane: temennya blogger yang punya temen sering main sama anak beatboxer hahha x))

Reply

^ngakunya anak jogja tapi baru tau yang beginian -_-
kereeeen :D

Reply

Ngakune cah basket, mosok ra ngerti salah satu pendirine bejo
Kui cah wates. Coba disearch twitter sing tok sebutke kui hahaha

Reply

@septi duniamu terlalalu sempit. x))

@ega sajake kenal, sek rodo lemu kae to? hahaha

Reply
This comment has been removed by the author.

bedo om... dudu aku kui...

Reply

kalau mau ikutan gan gimana gan??, soalny orang bru jogja gan

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.