Kancut Keblenger: Jangan Lihat Celana Dalamnya, Tapi Lihat Isinya!


Eitss.. Jangan mikir jorok dulu hahaha. Yang gue maksud celana dalem itu bukan nama benda pada umumnya. Tapi sebuah komunitas blogger yang kece badaaai, komunitas yang recomennded banget buat kalian yang mau ngerti ilmu blogging dan tempat silaturahmi para blogger kereen! Nama groupnya KK, alias Kancut Keblenger. Masih aneh ngedengernya? Nih gue kasih pembahasan beserta pengalaman gue bergabung di group ini lewat postingan yang gue ikut sertakan dalam Lomba Blog 2013 buat memperingati #HariJadiKancutKeblenger tahun ini. Cekidot!

Ngeblog bareng KK: Gimana Awalnya ya?

Komunitas yang satu ini udah ibarat inang gue dalam dunia blogging. KK atau biasa disebut Kancut Keblenger, merupakan sebuah Komunitas Blogger Kreatif Indonesia yang emang khusus diciptakan buat para blogger dari Sabang sampai Merauke. Nah, kalo ngomongin soal komunitas ini, gue jadi sekalian pengen cerita gimana awal gue bisa gabung ke komunitas ini hehe..


Jadi blogger emang bukan kerjaan yang bisa dibilang gampang, sekaligus bukan juga kerjaan yang butuh skill tinggi sebenernya. Bahkan awal gue bikin blog dulu juga sekedar iseng-iseng kok. Gue sendiri masuk dunia blogging udah dari tahun 2009, waktu gue kelas 2 SMA dulu. Awal gue bikin nih blog juga gara-gara sering liat updatenya Ega Norista (primebound), kakak kelas gue, yang sering nampang iklan postingan baru di TL Facebook. Yaah, bisa dibilang tuh orang emang sosok yang cukup berpengaruh dalam aktifitas blogging gue ini.

Beberapa postingan awal dulu udah gue hapus, liat aja di berkas sidebar nih blog, mulainya posting dari 2010 kan? soalnya dulu banyak gaya tulisan gue yang kesannya masih alay, dan beberapa postingan copas pastinya. Sadar kalo ini blog pribadi gue, makanya sebisa mungkin gue gak copas artikel orang tanpa ijin atau sekedar ngasih link sumber. Jadi yaa sebisa mungkin gue kasih post yang bener-bener original bikinan gue sendiri. Kalo soal tahun 2011, gue emang vakum ngeblog waktu itu hehe.

Rencana Gabung KK: Gue Awalnya Cuman Iseng!

Jadi gini, dulu yang namanya blogger sama socmed itu sebenernya belum begitu mainstream banget. Wajar dong kalo gue sendiri bingung mau diapain nih blog gue? Dari jaman Friendster sampe Facebook, minat gue buat nulis di blog naik turun kayak timbangan berat badan gue yang bahkan sampai sekarang belum mencapai berat badan ideal. *halaaah


Saking bosennya, gue jadi lebih sering blogwalking (dulu gue belum tau istilah ini), dan yang gue samperin ya cuman blog si Primebound tadi, sampek bosen deh pokoknya hehehe..

Tapi berkat sering blogwalking tadi, gue jadi pengen bikin style template blog yang asik kayak punya Ega Primebound. Sampai suatu ketika, gue liat ada banner gambar celana dalem gitu di sidebar blog dia. Awalnya gue cuek, tapi setelah gue blogwalking ke blog pribadi temen Ega yang lain, ehh gue juga nemu banner celana dalem tadi. Apalah ini?? Ini mungkin semacam konspirasi sidebar para blogger saat itu! Habis itu, gue masih aja cuek soal logo celana dalem yang katanya sebuah komunitas gitu.

Hari demi hari, bulan demi bulan, sampai setahun berlalu dengan sangat membosankan, udah gue laluin gitu aja dengan posting yang makin random, dan lama-lama gue jadi bosen. Gue juga heran, waktu itu tiap postingan temen gue (terutama si primebound), sering ada komentar dari blogger lain. Nahh, gimana caranya tuhh?? Gue mikir keras! Sampai secara iseng juga gue pencet banner blog gambar celana dalem tadi, masuk deh ke group Facebook KK.

Waktu itu sekitar awal tahun 2012, gue masih belum minat buat JOIN closed group Facebook KK. Maklumlah, tuh group emang disetting biar cuman anggotanya aja yang tau gimana aktifitas member di dalemnya. Akhirnya, gue beraniin buat join, masih secara iseng juga sih waktu itu hehe..

Habis Gabung KK: Gue tau harus gimana!

Beberapa bulan.. Iya, beberapa bulan.. Setelah gue di accept kak Irvina Lioni Yuniasari selaku admin, gue masih belum paham harus ngapain di group ini. Apa gue harus update status alay gitu? Atau gue harus upload foto girlband gitu di timeline group ini? Gue masih binggung. Sampai suatu ketika saat gue senggang, gue buka deh timelinenya. Saat itulah gue nemu postingan beberapa member baru yang lagi perkenalan sama member lain, dari sana juga gue baca soal aturan member baru KK dan.. Yahh.. Baru beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan setelah gue di accept, gue baru kenalan. Gue terlambat gaul...

Tapi itu gak masalah, beberapa waktu setelah gue diconfim masuk group, gue mulai aktif di dalemnya. Mulai dari interaksi dan ngasih masukan pas lagi #DiskusiKK, ngeadd FB temen-temen baru, ngedit file postingan di #KancutBaru, #TipsKK, #BelajarNgeblog, sampai rutinitas buat blogwalking. Saat itu juga gue tau harus gimana. Emang bener pepatah yang bilang: Tak Kenal Maka Tak Sayang. Begitu juga soal komentar dan tanggepan di setiap postingan kita. Jangan berharap ada yang komen kalo kamu sendiri gak aktif buat baca dan komentar ke postingan orang lain. Itu kuncinya buat dapet feedback!

Contoh #DiskusiKK yang cukup produktif hahaha
Dari group Kancut Keblenger (KK) juga gue tau harus jadi blogger yang kayak gimana. Dari postingan gue yang awalnya random, sekarang gue mulai mempertegas jati diri gue sebagai blogger. Yak! Alhamdulillah, gue orang yang punya bakat ngegambar. Sejak saat itu juga gue lebih sering posting soal Artwork. Tapi gak cukup sampek situ juga. Biar blog gue makin berwarna, gue juga sering baca berita yang lagi mainstream di kalangan anak muda buat bikin artikel terkait. Ditambah lagi, setelah itu gue makin seneng buat baca novel, follow para penulis kece, dan gue jadi suka bikin cerpen juga sekarang hehe.

Gak cuman sebatas Artwork, Artikel, sama Cerpen aja. Gue kadang juga iseng-iseng ikutan kontes blog yang ada, apalagi pas gue lagi senggang gak ada topik buat posting. Dari situ juga gue kepikiran buat beli domain pribadi buat blog gue. Dengan sedikit modal, akhirnya blog yang dulu namanya www.kuashitam.blogspot.com, gue beli jadi www.kuashitam.com. Awalnya emang mau gue pake buat komersil, tapi setelah AdSense gue diblokir mbah Google gara-gara masalah klik iklan secara berlebihan (invalid click), yaah akhirnya gue balik lagi deh jadi blogger personal, dan lebih suka share sama temen-temen blogger yang lain tentang buah pikiran gue.

Itulah hal paling menyenangkan yang sekarang bikin gue bangga jadi anggota KK. Group ini bukan sembarang group yang cuman jadi tempat ngebuang link postingan gitu aja, tapi segala sesuatu soal ilmu perbloggingan kita bagi di sini. Bahkan udah ada tempat file tersendiri buat update postingan baru, sama buat tempat kalian majang akun socmed kalian. Kurang rapi gimana cobaa?? Hehehe.

Udah gitu, ada aturan terbaru juga lho yang dibuat secara terperinci buat anggotanya. Jadi, tiap anggota dalam komunitas ini bisa beraktifitas sebagaimana mestinya tanpa menganggu kepentingan blogger lain. Percaya deh, KK ini group keren yang suatu saat bakal merajai komunitas blogger di Indonesia. Kalian belum percaya juga? Gue percaya banget!

Untuk bergabung dan dapet informasi lebih lanjut soal komunitas ini, bisa klik DI SINI!
Salam Kawancuts! :)

Credit to: @KancutKeblenger @irvinalioni @primebound

25 KOMENTAR

astaga... gue jada pesimis buat menang kalau lawan om shakti -___-"

Reply

kenapa harus pesimis?? kita satu kubu! ntar hardisk kita bagi 2, elo 200mb, gue 300mb hahaha

Reply

hoah...om shakti. semoga menang deh kita ya:)
gue udah ngikut duluan loh... :)

Reply

pada lomba artikel, gue anggota baru bagian team hore hahah..
kalau gue gabung KK bingung mau nyapa siapa pada nggak ada yg kenal hehehe..

Reply

Gua doain lo menang :D ntar harddisknya bagi bagi yak :P hha

Reply

gilaa bener.. sukses broo...

keren dahh..
salam kenal, ijin pollow yaa :D

Reply

Dari iseng2 sampai jadi luar biasa :) salam blogging bro =="

Reply

Amin ben, amiin :)) hahaha

Reply

Walaah kasian elu juga ya kalo gitu? Sabaar.. *pukpuk*

Reply

Emang tuh hardisk dari roti yak sampek harus dibagi2? Wkwk :p
amiin :)

Reply

Pujian anda terlalu mainstream kak :)
Oke, makasih hehe

Reply

Iya salam blogging juga! Hehe -,-

Reply

nah lo, kok bisa klik iklan berlebihan :p

Semoga menang ya :)

Reply

Dapet boombing click dari oknum geje soalnya :(
Amiin, nuwun masbro hhe

Reply

berarti yang 450 GB buat gue yaa ? kan harddisknya 500GB hahaha

Reply

gue juga ikutan nih, moga-moga gue yang menang :p muehehehe

Reply

Setiap kawancut yg ikut juga pengen menang kaleeek haha :p

Reply

wah jadi minder nih. postnya bagus :|

Reply

Semoga menang ya.

Aku nggak ikut, supaya saingannya agak berkurang. Hahahahaha

Reply

Halah biasa aja kok. Yang penting partisipasinya biar group KK makin terkenal :)

Reply

Gayamu haha. Amiin bang :))

Reply

semangaaaaaaatttttttttt!!!!!!!!!!!!!!

Reply

ah situ enak, kenalan di KK udah banyak, lah anggota baru kaya aku ini gimana? :(

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.