Otaku, Wota dan Wotagei dalam dunia Sepakbola

Beberapa hari gak posting, rasanya jadi ada yg kurang dalam hidup gue... Oke! kali ini gue punya topik yg cukup unik buat gue bahas sebagai postingan gue. tentu beberapa dari kalian udah gak asing sama kedua istilah ini, Wota dan Otaku. kedua istilah ini merupakan adaptasi dari kebudayaan Jepang.
melihat fenomena perkembangan kebudayaan Jepang yg sekarang makin pesat masuk ke Indonesia, gue jadi kepikiran lagi sama kedua istilah tadi.
Langsung aja gue bahas...

Otaku (おたく), istilah kata Otaku sebenernya merupakan sebuah sebutan buat orang yg bener-bener menekuni suatu hobi yg sedang mereka gandrungi. Otaku juga bisa dipake sebagai kata ganti orang kedua yg paling sopan dalam konteks bahasa Jepang baku. ya, mirip kalo kita manggil seseorang dengan sebutan "Anda" gitu pokoknya. tapi seiring berjalannya waktu, Otaku malah jadi sebuah konotasi negatif tentang orang yg bersikap anti-sosial.

Wota (ヲタ), seiring berjalannya waktu juga, konotasi dari otaku mulai berubah. nah, untuk membedakannya sama definisi negatif tadi, Otaku ditulis jadi Wotaku (ヲタク) atau biasa kita sebut dengan istilah, Wota. kelompok Wota banyak banget! ada anime wota, maid wota, manga wota, dan idol wota. juga beberapa hobi lainnya...

Wotagei (ヲタげい) adalah sorakan atau gerakan tari khas yg digunakan para penggemar saat mereka lagi nonton Idola mereka tampil manggung di suatu pertunjukan ataupun konser. contoh mainstream: gerakan lightstick para fans JKT48 saat di Teater.

Dari bebrapa istilah diatas juga memicu timbulnya istilah atau sebutan Weeaboo, yaitu mereka yg terobsesi dengan budaya Jepang, sampek-sampek tingkah laku dan penampilannya juga mirip orang Jepang, padahal mereka bukan orang Jepang. itulah yg kadang bikin orang lain gak sreg sama sikap Weeaboo, sikap yg biasa muncul tidak pada tempatnya. bahkan di Jepang sendiri, kebanyakan dari mereka malah risih kalo dipanggil Wota, apalagi kalo ngebahas soal Weeaboo tadi, bisa kacau... sedangkan di Indonesia, biasanya udah dibikin jadwal khusus atau event buat mereka yg berjiwa Weeaboo untuk tampil bersama memakai pakaian ala orang Jepang, atau kita tau dengan istilah "Costplay", jadi orang lain gak keganggu oleh munculnya para weeaboo tadi secara random setiap saat. kan udah ada jadwal event tahunan-nya?  *seharusnya sih...

Terus apa hubungannya sama Sepakbola
Itu dia uniknya postingan ini, tau sendirilah kalo gue suka ngebahas sesuatu yg biasa aja justru malah jadi suatu fenomena tersendiri. pada dasarnya, kedua istilah tadi sama kok artinya, yaitu "Fans". jadi, kalo kita ngefans atau hobi sama sepakbola, gak ada salahnya dong kita pake istilah tadi? hehe

aku bukan Weeaboo lho, pemirsaah!
Dalam dunia sepakbola, namanya fans berat yg fanatik dan berdedikasi tinggi buat tim idola kesayangan mereka itu udah biasa. jadi pada dasarnya, mereka bisa disebut juga Football Wota, sama kayak gue. gak percaya kalo gue football wota? nih gue kasih buktinya! 

koleksi jersey Manchester United punya gue hahaha


Banyak kan koleksi jersey gue? ada jaketnya juga noh hehe. tapi pastinya ada beberapa dari kalian juga yg punya lebih banyak koleksi dibanding yg gue punya sekarang.

Terus kalo soal Wotagei-nya gimana?
Kalo soal wotagei atau sorakan dan gerakan khusus, kan juga ada di sepakbola? banyak banget contohnya. dari mulai sorakan para supoter, gerakan mereka saat mendukung timnya, dan bahkan selebrasi unik yg dilakukan para pemain saat mencetak goal. kalo masih belum percaya, nih gue punya contoh Wotagei ala pemain maupun suporter bola...

Selebrasi unik Hisato Sato dkk, Hirosima. (pict: www.dailymail.co.uk)

Tarian Samba ala pemain Brazil. (pict: www.dailymail.co.uk)
Supoter Jepang melompat dari tribun, lebay. (pict: www.google.com)
Nah, udah liat kan sekarang? percaya kan kalo istilah Jepang tadi gak cuma cocok buat ngebahas hasil karya budaya Jepang aja? istilah tadi ternyata cocok, dan bahkan bisa kita terapkan di sepakbola juga. sungguh fenomenal! hehe. tapi pastinya kalian juga punya Wota sendiri kan? gak harus bola, tapi segala sesuatu yg kita suka dan tekuni, kayaknya bisa kita sebut juga sebagai Wota hehe.

24 KOMENTAR

kalo yang meniru gaya2 anak alay istilahnya apa ya?
kayaknya alay cuma ada di Indo, jadi mari kita bikin istilahnya.. jangan cuma pake istilah jepang aja....

jadi makin paham tentang, otaku, wota n wotagei, soalnya sering disebutin sama temen aku yang jadi JKT48 wota *cocok ya?

Reply

itu namanya alayers wota, atau biasa "gue" sebut hina'ta haha *LOL
iya, tapi apaan bro? pake bahasa jawa kayaknya oke juga noh hhe.

banyak bgt definisinya. gue tadi sampek bingung gimana menyimpulkannya buat bikin nih postingan hhe

Reply

iye emang jepang itu fanatik bola juga tapi setau gue gak sefanatik indo yang punya fans fanatik kayak bonek, jakmania trus apalagi tuh banyak bgt.
Positif nya dikit negatifnya banyak.

Reply

apalagi viking yak? rajanya bandung raya haha. indonesia keren kok suporternya, asal gak bertindak barbar :D

Reply

kalau indonesia mungkin lupa batasan karena terlalu fanatik muahahaha :D

Reply

Ini ...... #speechless

Reply

haha iya, banyak wotagei barbar :p

Reply

Wah penggemar jejepangan juga nih ya haha, sama dong ama gue :D
Wota di indonesia mah, wotalay hahah :D

Reply

hush, gue juga wota kalik haha. tapi gue nggak barbar n tau sikon buat nunjukin betapa wotanya gue :p wkwk
okesip, jepang emang bikin anget klo diomongin haha

Reply

Bahas-bahas korea dong hahaha

Reply

korea udah terlalu mainstream :p

Reply

fokus potonya..!!
#ngakak sendiri

Reply

banyak yg pake istilah itu ya sekarang

Reply

soalnya lagi mainstream mbak hhe :D

Reply

iya, wotagei. bukan wotagay lho wkwk :p

Reply

nah ini nih, blog ke 5 dari sobat KK yang gua kunjungi tapi di homepagenya gak ada artworknya :D gatau lagi gak pingin buat / gmn yah ? apa krn udah terlalu mainstream ? :D wess kokoronotomo aja lah :D, salam kenal mas, ditunggu kunjungan baliknya, thanks. :)

Reply

iya udah mainstream. tp gue barusan scan juga sih buat gue posting bsk hhe. biar lengkap :p
jiaahahaha kokoronotomo uwooo~

Reply

Bagus nih, inspiratif banget. Salam kenal broo, mampir juga ya di http://farizsyahtria.blogspot.com/ sekalian di folbek gitu blognya ,,, hehehee

Reply

Asing banget deh istilah-istilah itu buat gw, bukan penikmat anime, hehe

Reply

Wotagei? baru tau gue. btw, blognya keren nih :D back to my blog sob

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.