Fenomenus: 5 Hal penyebab Insomnia


#Fenomenus-Siapa sih yang gak tau istilah insomnia? gue pikir udah banyak orang yang tau soal istilah kayak gini. menurut versi Wikipedia; Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.
Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut...

Nah itu tadi penjelasan terperinci soal insomnia. berkaitan sama itu, gue mau ngasih fakta beserta fenomena unik nan konyol yang mungkin beberapa dari kita pernah, atau bahkan sering mengalamninya karena hal-hal berikut, nih gue kasih hasil analisis gue, versi #OnTheShit:

1. Udah tidur sore
kalo pulang kuliah atau sekolah, siang-siang menjelang sore gitu, biasanya kita capek banget. terus sampek rumah liat kasur empuk...beeeeh, rasanya pengen rebahan disitu! gak peduli badan bau kecut, lengket kena keringet, atau malah masih pake pakaian sekolah/kuliah kita. dan biasanya kalo tidur siang atau sore gitu bisa pules banget gara-gara saking capeknya kita seharian beraktifitas sama belajar. giliran udah malem, eh malah jadi susah tidur kan?

2. Mikirin gimana caranya tidur
nah yang kayak gini lumayan absurd. gara-gara kebiasaan buat mikir keras soal hal-hal gak penting, eh sampek kebawa pas mau tidur. sebelom tidur justru kita malah ngalamun sambil mikirin: gimana ya kok kita bisa sampek tidur? diem aja, tau-tau merem. beruntung kalo kita ngimpi sesuatu, lha kalo gak? kan kesannya cuma kayak lupa sesaat gitu aja, semua jadi gelap, setengah sadar, dan....sleeeep, merem. tau-tau udah pagi kan? kebiasaan buat terlalu berpikir keras dan menganalisa segala sesuatu jangan sampek kalian terapin pas lagi kayak ginian. dijamin! kalian malah susah tidur gara-gara mikirin proses gimana kalian bisa tidur, yang aneh....*hadeeeh

3. Kepikiran Mati
waduuh, ini juga lumayan parah. apalagi kalian baru ngalamin hal yang serem siang harinya, pas malem sampek kebawa mau tidur. apalagi beberapa orang nyaman saat mereka berusaha tidur kalo lampu kamar dimatiin dan kalo dinyalain malah tambah susah tidur. pas gelap gitu, justru pikiran kita melayang-layang gak karuan soal hal aneh dan gak jelas, terutama gimana kalo kalian tidur tapi keterusan malah gak bangun-bangun? hahaha..naudzubillah...

4. Bernafas
lho kok bernafas? namanya orang belom mati kan pasti masih ada nafasnya? justru itu! menurut beberapa survei bareng temen-temen gue, kadang gara-gara hal konyol gituan malah bikin insomnia. coba kalian tidur, suasannanya sunyi, bener-bener tenang. saat kalian mulai rileks dengan posisi tidur kalian, saat itu juga samar-samar kalian denger suara nafas kalian sendiri. terus kadang malah jadi mainin tempo nafas kita, kadang ditahan bentar, nyoba pernafasan perut, nafas dibikin tambah kenceng, dan masih banyak lagi kemungkinan bodoh yang bakal kalian experimenkan saat denger hembusan nafas kalian pas tidur. gara-gara hal bodoh dan sepele semacam ini, ada lho beberapa temen gue yang insomnia! hahaha *LOL

5. Gratisan paket kuota internet
agak bermutu dikit nih topik. paket kuota internet yang ditawarkan beberapa operator emang menguntungkan. gratisan yang bahkan sampek unlimited, mereka kasih ke kita sebagai fasilitas pelayanan mereka, ya, pelayanan dan trik yang sungguh licik! hahaha. operator cenderung memberikan gratisan mulai dini hari, bahkan mulai pukul 00.00. beehhh...buat gue sendiri itu udah biasa, bahkan faktor utama kenapa gue sampek bangun kesiangan gara-gara semaleman begadang, pas udah bosen browsing atau onlen, eh malah jadi susah tidur. mata perih, capek, tapi malah susah tidur hhe.

nah itu tadi kumpulan sebab-sebab yang terkadang bisa masuk logika kalian. emang kesannya absurd banget kan? tapi beberapa dari kalian gak bisa mengelak kalo emang udah pernah ngerasain beberapa hal seperti yang gue tulis di atas. maybe, it just kidding. tapi itulah fenomena kebodohan anak muda dalam hal gak penting di jaman sekarang! trust me, it's work! hahaha

11 KOMENTAR

hemm imsomnia ya... pernah sih ngalamin.. ckck keep "ngetik" ya! salam kenal kancut baru..

gue danang ... BLOG GUE www.jombloangkut.blogspot.com ceritanya gue itu pengen gambar gambar dan gambar.. apalah itu.. selamat datang aja deh di sini.. sering on yee!!!

hehhee...

Reply

iyaa bro! keep doing your artwork aja, gue juga suka tp males scan gmbarnya hhe
siap, udah gue cek kok td :)
thx

Reply

masalah mayoritas Nomor 5 hehehehe....

kunjungan perndana nih....mari berkawan :D

Reply

haha pengalaman pribadi ni yee :p

Reply

Yang nomer 5~ true story abiss~~ walking bang :D

Reply

maklum lah operator emang licik bikin anak muda kyk gita jadi insomnia haha :p

Reply

semua berdasarkan analisa :D

Reply

iya dong. udah pengalaman bgt soalnya haha
oke, thanks udah mampir bro :)

Reply

nah ini nihh,,para blogger pasti sering dah yang namanya kena panykit INSOMNIA..hahahahah

manteppp banget dahh :)

Reply

nomer 2 gue baget :D

Reply

Telponan sama pacar bisa jadi bg :D

Reply

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.