Pesan Para Pelajo Jalanan (P3J)

Halo guys, kembali lagi gue akan memposting beberapa kata yang gue rangkai jadi sebuah kalimat. Bahkan menjadi sebuah narasi atau mungkin bisa kalian sebut sebagai deskripsi, bisa juga jadi referensi. Entahlah, gue mulai pusing ngejelasin maksud gue apa.
Kali ini gue mau membahas tentang beberapa tips dan trik menjadi pelajo (naik motor pas kuliah dalam jarak yg lumayan jauh). mengingat bahwa gue sendiri sudah jadi pelajo selama kurang lebih 1,5 tahun. banyak suka duka pas ngelajo lho, dari mulai kehujanan, kepanasan, kecapekan, telat dsb. itu semua resiko para pelajo terutama buat anak kuliahan. awal melajo sih soalnya males ngekos sama emang jadwal kuliah yg gak padet. tapi seiring berjalannya waktu gue mulai terbiasa. terbiasa juga buat menghadapi rintangan jalanan. dari macet, pengemudi ugal2an sampai bahkan menjadi saksi sebuah kecelakaan tragis. kecelakaan yg biasa sampai parah bahkan meninggal ditempat, wow ngeri ya? tapi gue gak berharap jadi korban atau pun melihat korban lain lagi :) beberapa tips maupun trik ini berdasar yg sudah terbukti dari pengalaman asam pahit jalanan selama ini, berikut tips dan triknya :

Tips dan trik 
1. Saat pagi sebelum berangkat pastikan tidur anda semalam cukup. karena terik matahari pagi yg mungkin menyorot mata kalian seolah memikat mata untuk sayup dan terlelap saat mengemudi bila anda kurang tidur. behhhh, di lampu merah yg mungkin berpuluh2 detik itu bisa merep enak banget sumpah kalo lagi ngantuk. 
2. Jangan pake headset kalo emang lagi terburu2 berangkat. pakai headset sih boleh menurut gue tapi tetep liat mood sama sikon kita di jalanan, harus lebih fokus tentunya
3. Cek kendaraan itu penting, dari mulai input (keadaan bensin, oli, radiator) dan jangan disepelekan lho hal semacam ini. perkiraan bensin itu perlu kalo anda sedang menghemat uang saku harian kalian hhe. kondisi output (ban, rem fisik motor) juga harus diperhatikan mengingat bahwa kendaraan yg kita pakai ibarat perlindungan kita dan keselamatan kita sampai tujuan. 
4. Saran gue sih kalo lumayan jauh mending pake motor matic, lebih hemat tenaga meskipun jarak tempuh dan waktunya cukup berbeda kalo kita pake motor manual (tentunya dengan lingkar ring velg yg berbeda). pake motor matic pun lebih simpel dan gak ribet kalo pas hujan. 
5. Atribut dan asesoris badan juga perlu diperhatikan. jaket, sarung tangan, masker bahkan kaca mata. semua itu barang yg sepele tapi cukup berpengaruh. 
6. Perkirakan juga jarak tempuh dan waktu perjalanan. karena kondisi ramai atau tidaknya jalanan tidak pasti bisa kita tebak, bahkan bisa jauh dari perkiraan kita. jangan sampai kita berangkatnya mepet, bahaya kalo sampai kita jadi lupa waktu dan terlanjur terburu2 dijalan. konsentrasi bisa bubar! 
7. Pastikan berhenti jika merasa capek atau lelah, sarapan dan persiapan tenaga itu perlu. juga siapkan uang lebih sebagai cadangan kalau-kalau ada halangan ban bocor atau hal yang cukup menghambat anda nantinya. 
8. Jadilah bagpacker jika itu perlu, mengingat kalau kita lagi pulang malem atau ada kuliah pagi bisa nginep kos temen. asal jangan terlalu sering. pokoknya tetap manage waktu dan uang sebaik2nya. 
9. Pakai sepion motor sebagaimana mestinya, jangan cuma buat ngaca. kadang banyak orang menyepelekan keadaan disekitarnya saat melaju di jalan tanpa memperhatikan spion mereka

Nah, dari sekian tips dan triknya, emang simpel, sih. Tapi itu bisa jadi hal-hal yang bisa kalian pertimbangkan. karena kita sebagai orang yg melaju dijalanan tak beda dengan orang yg bertaruh nyawa. tak ada jaminan kita bakal selamat sampai tujuan, tapi paling tidak ada tindakan persiapan dan pencegahan kan? yg paling pokok dari semua itu adalah berdoa. dengan berdoa kita akan lebih tenang dijalan. pasrah juga sih sebenernya, pasrah dalam artian inilah keadaannya, bukan berarti kita tak melakukan apa2 untuk mempersiapan itu semua. hal sepele kalo terlalu disepelekan resikonya jusrtu malah besar. jatuh maupun celaka itu boleh saja asal jangan terlalu sering, naudzubillah pokonya kalo sampe fatal. makanya buat yg jadi pelajo harus siap lahir batin wkwk.
sekian dulu kayaknya cukup, semoga bermanfaat ya? pokoknya Ganbatte (kalo kata mbak Melody :p) aja buat yg masih pengen ngelajo saat kuliah maupun sekolah atau malah yg udah kerja. stay in line, and focus! :)

Post a Comment

Terimakasih telah berbagi apresiasi dengan menulis komentar dalam postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Ingat, you are what you write. So, jangan spaming dengan berkomentar tanpa membaca terlebih dahulu.